BERLIBUR DI MAHAVIHARA BUDHA TIDUR TROWULAN

image

image

     Bagi masyarakat yang jenuh kebisingan, dan ingin refresing melepas kepenatan bisa pergi ke wilayah Kab. Mojokerto. Pasalnya, di bekas tlatah Kerajaan Majapahit ini banyak potensi wisata yang layak dikunjungi. Selain ada kawasan wisata sejarah peninggalan kerajaan Majapahit, wisata alam pegunungan di Trawas dan Pacet, juga ada kawasan wisata religi seperti makam Syech Jumadil Kubro yang dikabarkan sebagai kakek Walisongo, dan Maha Vihara Majapahit yang dilengkapi patung Budha sedang tidur terbesar di Indonesia. Terletak di Desa Bejijong, Kec. Trowulan di ujung barat Kota Mojokerto yang berbatasan dengan Kec. Mojoagung, Kab. Jombang.
     Maha Vihara Majapahit yang berdiri di atas lahan sekitar 2 hektare ini, berada di kawasan yang sejuk dan rindang karena dikelilingi bermacam pohon besar macam jati dan sonokeling. Begitu juga tanaman buah tumbuh cukup subur seperti kelengkeng, nangka, mangga dan rambutan. Sayangnya saat ini sedang tidak berbuah. Suasana sejuk itu masih didukung oleh taman-taman yang terawat dengan berbagai jenis tanaman bunga macam mawar, melati, puring dan bahkan teratai dan lainnya. Untuk menuju ke vihara pengunjung tidaklah sulit karena letaknya yang dekat dengan jalan raya. Bagi yang menggunakan mobil pribadi bisa langsung ke lokasi. Tetapi bagi rombongan yang datang menggunakan bus harus turun di jalan kampung, selanjutnya berjalan kaki sekitar 100 meter untuk sampai ke komplek vihara. Mereka yang naik angkutan umum bisa turun di depan Kantor BP3 Jatim di Trowulan, selanjutnya jalan kaki sekitar 300 meter.
     Lokasi ini terbuka bagi masyarakat tanpa melihat status ekonomi, agama dan ras. Komplek Maha Vihara Majapahit lokasinya berdekatan dengan berbagai situs peninggalan Kerajaan Majapahit, diantaranya Candi Brahu, Kolam Segaran, Candi Tikus, Candi Bajang Ratu, Museum Majapahit atau Pusat Informasi Majapahit. Sehingga, selain melihat patung Budha pengujung juga sekaligus bisa berwisata sejarah dengan menelusuri jejak peninggalan Kerajaan Majapahit.

image

Bisa juga di akses di web

http://www.bahrulmubin.blogspot.com

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s